Sabtu, 01 Desember 2018

VERTICAL SPEED INDICATOR


Indikator kecepatan yang menunjukkan apakah pesawat terbang naik, turun, atau berada dalam indikasi Nol. Tingkat Pendakian atau Penurunan diindikasikan pada satuan Feet per Menit. Jika dikalibrasi dengan benar, Indikator akan menunjukan Nol.

Hasil gambar untuk VERTICAL SPEED INDICATOR

Juga dikenal Rate of Climb and Descent Indicator (RCDI) - Instrumen yang menunjukkan tingkat pendakian atau penurunan pesawat terbang. Menggunakan sistem Pitot-Static untuk menentukan kecepatan vertikal dan menggambarkan hasilnya pada instrumen skala jarum dan melingkar konvensional, atau pada pita di samping EFIS EADI.



Dua indikasi khas VSI digambarkan di bawah ini. Yang pertama adalah indikasi Konvensionalsedangkan pada instrumen kedua, kecepatan vertikal ditunjukkan pada skala di kanan paling ekstrem instrumen - Electronic Attitude Direction Indicator (EADI)


VSI sederhana, kapsul barometrik terkandung dalam kotak tertutup. Kapsul diberi tekanan statis dari sistem pitot-static, sementara kasusnya juga terhubung ke sistem itu melalui nosel yang dikalibrasi. Nosel membatasi jalan udara sehingga ada penundaan waktu antara perubahan tekanan statis dan tekanan yang dialami.

Jika pesawat naik (atau turun), tekanan di dalam kapsul akan turun (meningkat) sedangkan dalam kasus akan menurun (kenaikan) pada tingkat yang lebih rendah karena adanya nosel. Gerakan kapsul diterjemahkan ke dalam gerakan jarum dengan sistem mekanis.


Jika tingkat penerbangan dilanjutkan, tekanan menyamakan kedudukan dan diafragma dalam waktu enam sampai sembilan detik dan penunjuk kembali ke tingkat nol pendakian. Indikator kecepatan vertikal memiliki kalibrasi 100-ft dengan angka setiap 500 kaki

Meskipun indikator kecepatan vertikal beroperasi dari sumber tekanan statis, Adalah instrumen tekanan diferensial. Tekanan diferensial terbentuk antara tekanan statis seketika di diafragma dan tekanan statis yang terjadi.

PRINSIP KERJA

VSI disebut Vertical Velocity Indicator (VVI), menunjukkan apakah pesawat terbang naik, turun, atau berada dalam tingkat penerbangan. Tingkat pendakian atau turunan ditunjukkan pada kaki per menit (fpm). Jika dikalibrasi dengan benar, VSI menunjukkan nol pada tingkat penerbangan.

Perbedaan tekanan stabil pada Rasio pasti, jarum menunjukkan tingkat perubahan ketinggian.
VSI menampilkan dua jenis informasi yang berbeda:
  • —  Informasi Tren menunjukkan indikasi langsung
  •        Kenaikan atau penurunan laju pendakian atau penurunan pesawat.
  • —  Informasi Tingkat menunjukkan tingkat perubahan ketinggian yang stabil.


Informasi trennya adalah arah pergerakan jarum VSI. Misalnya,
  • —  Jika pesawat mempertahankan tingkat penerbangan dan pilot menarik pengontrol menyebabkan hidung pesawat NAIK, jarum VSI bergerak ke atas menunjukkan pendakian.
  • —  Jika sikap pitch tetap konstan, jarum akan stabil setelah waktu yang singkat (6-9 detik) dan menunjukkan tingkat pendakian di ratusan fpm.
  • Periode waktu dari perubahan awal laju pendakian, sampai VSI menampilkan indikasi akurat dari tingkat yang baru, disebut Lag.

Teknik kontrol yang kasar dan turbulensi dapat memperpanjang periode lag dan menyebabkan indikasi tingkat tidak menentu dan tidak stabil. Beberapa pesawat dilengkapi dengan indikator kecepatan vertikal sesaat (IVSI) / Instantaneous Vertical Speed Indicator (IVSI), yang menggabungkan Accelerometers untuk mengimbangi lag di VSI khas.

Kapsul aneroid dihubungkan secara mekanis dengan penunjuk di bagian luar instrumen dan dikalibrasi dengan kaki / menit. Anda akan melihat VSI dari 0 sampai +/- 2000 fpm hingga 0 sampai +/- 6000 fpm untuk jenis pesawat yang lebih tinggi.

Kalibrasi Leak
Karena kebocoran yang dikalibrasi ini terjadi, lag sekitar enam detik sebelum instrumen bereaksi terhadap perubahan tekanan. Para produsen menghasilkan solusi untuk mempercepat indikasi dan menyebutnya IVSI atau Instant Soon Vertical Speed Indicator.

Preflight
Selama preflight jarum harus posisi horisontal dan mengarah ke nol dan ini berguna jika indikasinya adalah +/- 200 fpm antara -20° C dan + 50° C.

KESALAHAN INSTRUMENT

Kesalahan Lag Atau Instrumen
Seperti disebutkan di atas, Kesalahan umum dan muncul pada setiap penerbangan dan ketinggian. Untuk mendapatkan indikasi kecepatan vertikal yang diandalkan, pesawat harus menyelesaikan perubahan (naik atau turun) dan sekitar enam sampai sembilan detik instrumennya Stabil.

Kesalahan PosisiJenis kesalahan yang sama dengan indikator kecepatan udara dan ketinggian yang disebabkan oleh fluktuasi pada port statis atau garis. Memiliki dua port statis, satu di kedua sisi pesawat dan dihubungkan bersamaan dengan Tubing, akan menangani masalah ini.

Tekanan kabin
Pesawat ultralight atau eksperimental tidak memiliki Port Statis di badan pesawat, mereka mengukur tekanan Statis di dalam kokpit. Akan adanya kesalahan dan perubahan pada kokpit, ventilasi terbuka atau jendela, akan muncul pada instrumen sebagai perubahan kecepatan vertikal sementara.

Kesalahan Kepadatan
Instrumen dikompensasi dengan kesalahan tekanan dan suhu sehingga kecepatan vertikal yang benar ditunjukkan pada ketinggian kerapatan yang mungkin Anda hadapi.

0 komentar:

Posting Komentar